PENGUMUMAN

SUKOHARJO – Satpol PP Kabupaten Sukoharjo menggelar Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran Bagi Ibu-Ibu Kelompok Dasa Wisma Se Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022. Kegiatan dilakukan di Pendopo Balai Desa Ngonbakan, Kecamatan Polokarto, Selasa (19/7/2022). Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati, Etik Suryani.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi tersebut. Pasalnya, kebakaran merupakan salah satu bencana non alam yang sangat ditakuti oleh sebagian besar masyarakat. Bencana kebakaran memiliki dampak yang sangat besar, bukan hanya kerugian materi karena rumah dan harta benda lainnya hangus terbakar, namun juga kebakaran bisa menimbulkan korban jiwa.

“Musibah kebakaran yang sering terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, faktor kelalaian manusia juga bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran,” ujarnya.

Bupati melanjutkan, kebakaran bisa terjadi karena arus listrik, kompor meledak, karena bensin atau cairan mudah terbakar, dan masih banyak lagi. Walaupun kebakaran bisa terjadi tanpa diduga, namun kita bisa melakukan beberapa langkah untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Beberapa langkah yang bisa diantisipasi dalam pencegahan kebakaran antara lain gunakan alat kelistrikan secukupnya, jauhkan benda yang mudah terbakar dari jangkauan sumber api, waspadai rokok, hindarkan pemantik dan korek api dari jangkauan anak-anak.

“Oleh karena itu saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan sosialisasi ini,” ujarnya.

Bupati juga berharap melalui kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan serta wawasan kepada masyarakat tentang kebakaran dan penanganannya, sehingga akan dapat menentukan strategi, pola dan upaya dalam penanggulangan dan penanganan kebakaran terutama bagi kelompok dasa wisma di lingkungan masing-masing. Karena kelompok dasa wisma sebagai unit terkecil dan menjadi garda terdepan di lingkungan masing-masing. (*)

Sumber Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan