Diskominfo Sukoharjo dan The Park Mall Solo Baru Hadirkan Digital Anantara
Sukoharjo — Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan acara Workshop Digital Anantara dengan tema Menjadi Admin Layanan Aduan Masyarakat Yang Profesional dan Beretika yang berlangsung pada Atrium The Park, pada Kamis 01 September 2022. Acara tersebut berkolaborasi dengan Tribun Solo, Voks Radio Jogja dan Soc Lyfe.com, dengan narasumber yaitu Dr. Danang Purwanto, M.Si dan Retno Tanding Suryandari S.E., M.E., Ph.D.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Suyamto, ST., M.Kom, memberikan sambutan serta membuka acara. Beliau menyampaikan acara tersebut bertujuan untuk mendiskusikan bagaimana cara mengelola media sumplemen pusat mengenai aduan yang saat ini dibranding oleh kementerian yaitu Lapor SP4N. Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) bersifat nasional dan aduan akan sampai langsung kepada Presiden.
SP4N merupakan bentuk pengembangan keterbukaan informasi publik dari lembaga negara kepada masyarakat. Informasi publik harus bersifat transparan, efisien, dan akuntabel. Terlebih lagi, platform komunikasi publik terbesar pada saat ini berada pada ranah digital.
Komunikasi tidak lagi bersifat satu arah. Sekarang masyarakat dapat menyampaikan aspirasi secara langsung melalui media digital, sehingga Admin Layanan Aduan Masyarakat memiliki peran penting di dalamnya. Misalnya mengatasi hoax yang sering terjadi.
“Keberhasilan admin terbesar adalah masyarakat menjadikan domain kita menjadi sumber yang terpercaya. Maka, lakukan analisis untuk membuat informasi menjadi menarik”, ujar Retno Tanding dalam materinya.