PENGUMUMAN

SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo menggelar “Tax Gathering PBB 2021” di Wisma Boga, Rabu (24/11/2021). Dalam kegiatan tersebut, Pemkab memberikan penghargaan pada camat, kepala desa dan lurah yang memiliki kinerja baik dalam realisasi pembayaran PBB. Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan Wakil Bupati, Agus Santosa.

“Hingga jatuh tempo pembayaran PBB pada 30 September, ada 82 desa dan satu kelurahan yang berhasil lunas. Jika dilihat dari tingkat kecamatan, ada dua kecamatan yang berhasil lunas, yakni Kecamatan Bulu dan Tawangsari,” jelas Bupati.

Bupati melanjutkan, Bupati berharap prestasi tersebut ditingkatkan di tahun-tahun mendatang khususnya untuk desa/kelurahan yang bisa melunasi PBB-nya. Jika desa lain bisa, ujar Bupati, desa yang belum lunas seharusnya juga bisa melakukannya. Untuk itu, camat, kepala desa dan lurah serta petugas pemungut pajak harus bekerja maksimal agar realisasi PBB sesuai target yang ditetapkan.

Pemberian penghargaan pada pelaku PBB, ujar Bupati, akan terus dipertahankan ditahun-tahun mendatang. Penghargaan tersebut akan jadi motivasi untuk peningkatkan realisasi PBB selanjutnya. Dengan pendekatan penghargaan tersebut terbukti cukup efektif dalam upaya membangun kedisiplinan pembayaran PBB di Sukoharjo. Disisi lain, wajib pajak juga diberi apresiasi dengan sejumlah hadiah yang diundi dimana hadiah utamanya tiga sepeda motor.

“Saya minta kepada kepala BKD untuk memperluas layanan pembayaran PBB agar masyarakat lebih mudah dalam melakukan pembayaran pajaknya,” ujar Etik.

Sedangkan Kepala Badan Kekaungan Daerah (BKD) Sukoharjo, RM Suseno Wijayanto, mengatakan bahwa kepala desa, lurah, dan camat yang memiliki kinerja baik menerima penghargaan dari Pemkab Sukoharjo. Dengan pemberian penghargaan tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi pelaku PBB di Sukoharjo untuk meningkatkan kinerja di tahun-tahun mendatang.

Menurutnya, hingga 18 November 2021, realisasi PBB Kabupaten Sukoharjo mencapai Rp34,962 miliar dari target dalam Perubahan APBD 2020 sebesar Rp33 miliar. Artinya, hingga 18 November realisasi PBB sudah melampaui target karena sudah mencapai 105,95%. Realisasi PBB tersebut akan naik hingga akhir bulan Desember 2021 mendatang. (*)

Sumber Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan