PENGUMUMAN

Sukoharjo (13/10/21) Dalam rangka HUT TNI Ke- 76 Tahun 2021, Kodim 072/Sukoharjo menggelar Pameran UMKM Bangkit 2021 bertempat di Kawasan Centra Niaga Terpadu The Park Mall Solo Baru Ds. Madegondo Kec. Grogol Kab. Sukoharjo, yang melibatkan melibatkan 39 peserta pameran UMKM, Rabu (13/10/21).

Kegiatan pameran dibuka oleh Kolonel Inf Rudy Saladin (Danrem 074/Wrt) pada pukul 10.00 wib dengan tetap mengedepankan Protokol kesehatan dikaitkan dengan masih berlangsungnya PPKM level 2 di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Hadir Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, S.I.P, M.I.Pol (Dandim 0726/Sukoharjo) selaku tuan rumah kegiatan, Letkol Inf Muh. Fuad (Kasbrigif 6/2 Kostrad), AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, S.I.K, M.Pict, M.Krim (Kapolres Sukoharjo), Widodo SH.MH (Sekda Kabupaten Sukoharjo mewakili Bupati Sukoharjo), Iwan Darmawan, SH (Kasi Barang Bukti dan Barang rampasan mewakili Plt Kajari Sukoharjo), Iwan Setiono,S.STP.MH( Kadin Disdag Kop UMKM).

Turut hadir Mayor Cpl Purwanto (Kasi Ter Grup 2 Kopassus), Para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 0726/Sukoharjo, AKP Dodiawan,S.S.H.,S.IK. (Kapolsek Grogol), Lettu Inf Warmu ( Mewakili Danyonif MR 413/Bremoro) serta Dani Yonanes (Direktur Marketing The Park Solo Baru).

Dalam sambutannya Bupati Sukoharjo yang diwakili oleh Widodo SH.MH (Sekda Kabupaten Sukoharjo mewakili Bupati Sukoharjo) menyampaikan bahwa Pameran UMKM tahun 2021 dalam rangka HUT TNI ke 76 bekerja sama dengan para pelaku UMKM harus mampu beradaptasi dan perkembangan teknologi, terutama dalam memanfaatkan teknologi bisnis di era New Normal, perkembangan teknologi sangat pesat itu kalau UMKM ingin maju harus bisa mengikuti perkembangan zaman, sehingga produknya bisa menembus pasar modern.

Juga dikatan bahwa pelaksanaan pameran ini selaras dengan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Sukoharjo, yaitu meramaikan kembali fungsi Gedung Graha Wijaya setiap hari Jumat sampai dengan Minggu melalui kegiatan pasar berbagai produk UMKM Sukoharjo, selanjutnya saya berharap sinergitas TNI, Polri untuk mendukung perkembangan pelaku UMKM di Kabupaten Sukoharjo agar dapat bangkit, sehingga membangkitkan semangat pelaku UMKM di Kabupaten Sukoharjo. Dengan adanya pameran ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi UMKM agar lebih produktif menunjukkan karyanya.

Bupati juga berpesan agar kegiatan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, karena masa pandemi yang belum berakhir. ” Saya sangat bangga dan terkesan dengan semangat dan antusiasme para UMKM yang masih tetap di tengah badai yang menghantam di semua sektor namun usaha tetap semangat dan tetap untuk berinovasi agar UMKM dan perekonomian bangkit kembali,” tukas bapak Widodo SH.MH mewakili Bupati menutup amanatnya.

Sementara itu Kolonel Inf Rudy Saladin, MA (Danrem 074/Wrt) mengapresiasi pameran UMKM yang diselenggarakan oleh Kodim 0726/Sukoharjo, selain sebagai rangkaian HUT ke 76 TNI kegiatan ini juga upaya mendukung program pemerintah pusat dalam rangka pemulihan ekonomi dan kebangkitan ekonomi nasional melalui promosi dan kolaborasi dengan UMKM sebagai ujung tombak ekonomi kerakyatan.

” Saya meyakini melalui kegiatan semacam ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan juga dapat menggali potensi sektor perekonomian untuk selalu konsisten mengembangkan UMKM sebagai sektor ekonomi kreatif sehingga dapat menambah roda pendapatan daerah di Kab. Sukoharjo,” tukas Danrem.

“Selain itu dalam pameran UMKM ini diharapkan dapat memberikan suatu motivasi sebagai upaya untuk lebih meningkatkan semangat dan cinta pada produksi dalam negeri,” lanjut Danrem.

Dalam kesempatan tersebut Danrem berpesan kepada para peserta pameran untuk selalu mengobarkan semangat pantang mundur, semangat belajar serta semangat kemandirian dan solidaritas sesama UMKM yang akan menjadikannya tumbuh berkembang meraih kesejahteraan yang didambakan.

Danrem juga mewanti-wanti bahwa saat ini pandemi covid 19 belum selesai, sehingga kita harus tetap waspada dan untuk yang terlibat dalam pameran ini supaya ditekankan kepada para pengunjung untuk tetap memakai masker serta menggunakan Hand Sanitizer.

” Saya sangat berharap dengan adanya pameran UMKM Bangkit 2021 ini, produk-produk UKM, potensi-potensi UMKM di Kabupaten Sukoharjo ini bisa terangkat dan mulai banyak dikenal oleh publik luas dengan semua produk-produknya, saya juga berharap event-event seperti ini dapat diselenggarakan oleh semua fihak,” kata Agung Nugroho ketua ICSB Kabupaten Sukoharjo, sebuah organisasi perkumpulan UMKM di wilayah Sukoharjo.

Pameran UMKM Bangkit 2021 dalam rangka HUT TNI Ke- 76 Tahun 2021 merupakan bentuk kerja sama antara Kodim 0726/Sukoharjo dengan Diskop dan UMK Kab. Sukoharjo yang bertujuan untuk mengangkat UMKM Kab. Sukoharjo agar perekonomian bisa bangkit.