PENGUMUMAN

SUKOHARJO – Sasaran vaksinasi corona semakin luas. Selain menyasar masyarakat umum, saat ini pun vaksinasi sudah bisa diberikan pada masyarakat yang menderita diabetes melitus (DM) dan hipertensi (HT). Pencanangan vaksinasi dengan sasaran penderita DM dan HT dilakukan Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM di RSUD Ir Soekarno, Jumat (27/8/2021).

Dalam pencanangan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati, Drs H Agus Santosa dan pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Masyarakat penderita penyakit DM dan HT yang jadi sasaran vaksinasi adalah peserta Jaminan Kesehatan Nasonal-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Pemerintah saat ini terus melakukan percepatan pemberian vaksinasi kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk bagi penderita penyakit kronis Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi (HT) ini,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, penderita penyakit kronis yang terinfeksi corona memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak memiliki penyakit kronis. Untuk itu, pemberian vaksinasi kepada penderita penyakit kronis diharapkan dapat mengurangi resiko tersebut. Bupati berharap kedepan vaksinasi juga bisa diberikan pada penderita penyakit kronis lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga berpesan agar setelah dilakukan vaksinasi untuk tidak lupa menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selain itum juga menjaga pola hidup sehat dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati menyampaikan, selama ini kasus positif corona berat memiliki penyakit penyerta atau kormobit diabetes melitus dan hipertensi. Untuk itulah pemerintah memberikan perhatian lebih dan memobilisasi untuk mengikuti vaksinasi corona.

“Penderita diabetes melitus dan hipertensi usianya tidak lagi tua, tapi sudah menimpa usia yang lebih muda,” ujar Yunia. (*)

Sumber Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan