PENGUMUMAN

SUKOHARJOย โ€“ Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM bersama Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Dandim Letkol Inf Agus Adgy Darmawan memantau pelaksanaan vaksinasi corona di The Park Mall, Senin (26/7/2021). Vaksinasi tersebut digelar oleh Pemkab Sukoharjo bersama PT Konimex, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Halodoc. Sasaran vaksinasi sendiri adalah warga Sukoharjo usia 18 tahun keatas. Vaksinasi tersebut menargetkan 20.000 peserta.

Untuk menghindari terjadinya kerumunan, proses revervasi atau pendaftaran vaksinasi hanya dilakukan secara online menggunakan aplikasi Halodoc. Bupati mengatakan, dengan program vaksinasi oleh swasta dalam hal ini PT Konimex di The Park Makk diharapkan akan mempercepat target vaksinasi di Sukoharjo sebesar 70% dari sasaran.

Saat ini, lanjut Bupati, realisasi vaksinasi corona di Sukoharjo masih jauh dari target 70% dari sasaran karena baru mencapai 19% dari total sasaran vaksinasi 719.754 orang. Bupati juga mengimbau pada masyarakat, baik yang sudah vaksin atau yang belum tetap menerapkan prokes 5M. โ€œPakai masker adalah harga mati,โ€ tandasnya.

Sedangkan Chief Strategy Officer Konimex Group Edward Setiawan Joesoef mengatakan, sasaran vaksinasi tersebut adalah warga Sukoharjo berusia minimal 18 tahun. Menurutnya, vaksinasi corona tersebut merupakan wujud komitmen Konimex Grup untuk memberikan kontribusi bagi Kabupaten Sukoharjo karena Kabupaten Sukoharjo memiliki tempat spesial bagi perjalanan Konimex Grup selama 54 tahun.

โ€œSelaras dengan komitmen kami dalam menyehatkan semua orang, penyelenggaraan vaksinasi ini adalah bentuk kontribusi kami dalam mempercepat penyelesaian pandemi di Indonesia,โ€ ujarnya.

Chief of Medical Halodoc, Irwan Heriyanto juga menyampaikan, sebagai mitra resmi pertama dari Kemenkes RI untuk vaksinasi massal, Halodoc akan terus berkomitmen untuk memperluas fasilitasi vaksinasi corona di Indonesia. Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi bersama Konimex di The Park Mall tersebut dilakukan sesuai petunjuk Kemenkes, mulai reservasi hingga observasi setelah vaksinasi.

Dikatakan Irwan, gejala pasca vaksinasi sangat mungkin terjadi dan membuat tubuh mengeluarkan reaksi ringan seperti pusing, demam, nyeri di area suntik, atau mual. Hal tersebut sangat wajar terjadi, jika warga mengalami hal ini setelah observasi selesai, pastikan langsung mengkonsumsi Paracetamol dan gejala akan membaik dengan sendirinya.

Sementara itu, Business & Marketing Director The Park Mall, Danny Johannes menyampaikan jika baru kali pertama The Park Mall jadi lokasi vaksinasi. Untuk itu, pihaknya berterima kasih pada Pemkab Sukoharjo dan pihak lain yang telah memberikan kepercayaan dan tanggung jawab pada The Park Mall Solo Baru. Danny berharap percepatan vaksinasi dapat turut mempercepat selesainya PPKM Darurat dan pemulihan ekonomi. (*)

Sumber Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan