PENGUMUMAN

SUKOHARJO – Bupati dan Ketua DPRD Sukoharjo meraih penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra” Tahun 2020. Pengumuman dan penyerahan penghargaan dilakukan secara offline dan juga virtual, Selasa (15/6/2021). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar dan Sukoharjo diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Agustinus Setyono.

Penghargaan Nirwasita Tantra sendiri merupakan rangkaian acara peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia. Untuk Kabupaten Sukoharjo sendiri meraih Peringkat 1 untuk kategori Kabupaten Sedang. Baik untuk Bupati maupun Ketua DPRD semuanya mendapat Peringkat 1. Penghargaan tersebut merupakan kali ketiga diterima Pemkab dan kali kedua untuk DPRD.

Penghargaan Nirwasita Tantra 2020 dinilai berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) tahun 2019. Dokumen tersebut berisi data kondisi lingkungan hidup, isu-isu lingkungan hidup prioritas dan respon yang telah dilakukan oleh Pemkab Sukoharjo dalam mengatasi isu prioritas lingkungan hidup tersebut.

“IKPLHD memuat inovasi-inovasi daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup, diantaranya program kampung iklim daerah (proklim), pengembangan ekowisata berbasis masyarakat serta program konsolidasi lahan pertaian dan “integrated farming”,” jelas Agustinus Setyono.

Terpisah, Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas penghargaan yang diberikan untuk Kabupaten Sukoharjo. Khusus untuk DPRD, Wawan mengaku meraih penghargaan karena mendukung program-program lingkungan hidup.

Menurutnya, dukungan tersebut dalam bentuk terbitnya peraturan daerah tentang lingkungan hidup dan juga dukungan anggaran untuk lingkungan hidup.

Jadi, ujar Wawan, dukungan yang diberikan oleh DPRD Sukoharjo terkait program-program lingkungan hidup mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup. Wawan mengaku penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2020 yang diumumkan hari ini merupakan penghargaan kedua karena tahun 2019 juga mendapatkannya. (*)