PENGUMUMAN

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM kembali melakukan pantauan pelaksanaan ujicoba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Kamis (22/4/2021). Kali ini, pantauan dilakukan di wilayah Kecamatan Baki, Gatak, dan Kartasura. Selama dua hari sebelumnya Bupati juga memantau ujicoba PTM di enam kecamatan yang lain. Dalam pantauan ini, Bupati bersama Kapolres AKBP Bambang Yugo Pamungkas dan Dandim Letkol Inf Agus Adhy Darmawan.

“Saya sudah tiga hari berturut-turut memantau pelaksanaan ujicoba PTM tahap 2 untuk memastikan berjalan dengan aman dan lancar,” terang Bupati.

Selama tiga hari memantau ujicoba PTM tahap 2, lanjut Bupati, pelaksanaan ujicoba sudah berjalan dengan baik dan sesuai standard yang ditetapkan. Baik itu tentang lokasi, sarana prasarana terkait protokol kesehatan, vaksinasi untuk guru dan lainnya.

Menurutnya, dalam pemantauan tersebut tidak sekadar memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes), namun juga untuk memastikan penyelenggaraan PTM itu sendiri. Hal itu dikarenakan sudah satu tahun siswa tidak belajar secara tatap muka di sekolah.

Sejak hari pertama melakukan pantauan, Bupati selalu bertanya pada siswa di setiap kelas. Bupati menanyakan anak-anak lebih suka belajar di rumah atau sekolah dan dijawab kompak oleh siswa lebih suka belajar di sekolah. Bupati menambahkan, sangat penting untuk memberikan pendidikan karakter pada siswa di tengah pandemi virus corona. Pasalnya, anak-anak sudah sangat lama belajar secara online dengan menggunakan laptop atau handphone.

“Selama ujicoba PTM ini kepala sekolah dan guru harus bisa menjadi contoh yang baik terutama soal prokes,” ujarnya.

Sedangkan Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas menyampaikan, semangat siswa belajar di sekolah sangat luar biasa. Hal itu terlihat saat ditanya oleh Bupati lebih senang belajar di sekolah daripada di rumah. Namun, PTM belum bisa digelar secara normal karena masih dalam situasi pandemi corona.

“Selama ujicoba PTM ini yang penting protokol kesehatan harus dipenuhi dan dilaksanakan secara ketat,” ujar Kapolres.

Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan menambahkan, uji coba PTM di sekolah sangat penting tidak hanya bagi pemerintah saja, tapi juga siswa. Pasalnya, PTM membuat siswa bisa mendapat pendidikan langsung dari guru sekaligus berinteraksi dengan teman satu kelas dan sekolah. (*)

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan