PENGUMUMAN

SUKOHARJO- Pemerintah Kabupaten Sukoharjo mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 dari Istana Merdeka Jakarta secara virtual pada Senin, (17/8/2020) pagi. Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 mengambil tema "Indonesia Maju".

Bupati Sukoharjo bersama forkopimda, para pejabat di lingkup Pemkab Sukoharjo bersama mengikuti upacara tersebut di Auditorium  Kantor Terpadu Menara Wijaya Lantai 10.

Meski upacara ditengah pandemi covid-19 ini dilaksanakan dengan sederhana dengan undangan terbatas dan secara virtual, namun suasana tersebut tidak mengurangi kekhidmatan agenda HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI di Kabupaten Sukoharjo

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH., MH., MM  juga menyerahkan hadiah lomba dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 kepada para wartawan yang bertugas di Kabupaten Sukoharjo dalam kategori lomba penulisan features berita dan kategori foto berita. Adapun Juara I lomba penulisan features berita  juara 1 diraih wartawan Jateng Pos Ade Ujianingsih dengan judul Berdamai dengan Covid-19 Berdayakan Ketahanan Pangan dengan KWT dan untuk kategori lomba foto berita diraih wartawan Suara Merdeka Heru Susilo Wibowo dengan judul pedagang di era new normal.

Setelah melakukan berbagai rangkaian kegiatan HUT RI, pada Sore Jum'at (17/08) ditempat yang sama, Bupati didampingi Isteri Hj.Etik Suryani SE., MM  dan Forkopimda Sukoharjo mengikuti kegiatan penurunan Bendera Merah Putih secara Virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo di Istana Jakarta.

Kegiatan upacara yang diikuti secara khidmad diikuti juga oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sukoharjo dimulai pukul 16.45 WIB tersebut berjalan dengan sukses dan lancar.

Sebelumnya kegiatan yang tetap dilaksanakan oleh Pemkab Sukoharjo berupa upacara bendera dilingkungan pemkab dengan peserta terbatas pukul 07.00 WIB. Juga dilaksanakan Gerakan Kebersihan, Keindahan dan Artistik (Gebiar) dilaksanakan 1-31 Agustus Tahun 2020.

Gebiar dilaksanakan berupa Gerakan Jumat Bersih diselenggarakan oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Minggu Bersih bagi masyarakat. Kegiatan tersebut dipusatkan pada kerja bakti untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat baik di kantor maupun lingkungan masyarakat.

Kegiatan lain yang dilaksanakan dalam HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Pemkab Sukoharjo yakni perbaikan dan pengecatan kanstin taman dan pohon turus jalan kota, gapura, monumen, lampu hias dan pemeliharaan penerangan jalan umum (PJU). Pelaksanaan tersebut juga digelar mulai 1-31 Agustus mendatang.

Agenda dalam peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia juga dilakukan berupa sidang paripurna istimewa DPRD Sukoharjo pada hari Jumat 14 Agustus 2020 lalu dengan agenda mendengarkan pidato Presiden RI dalam rangka peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020.

Untuk rangkaian kegiatan HUT RI ke-75 kali ini yang ditiadakan ditengah pandemi virus corona antara lain apel kehormatan dan renungan suci, pengukuhan anggota paskibraka, malam tirakatan, serenade/ aubade, malam resepsi, gelar potensi daerah, malam hiburan rakyat dan kirab pawai pembangunan.

Demikian informasi yang disampaikan Plt. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sukoharjo Herdis Kurnia Wijaya S.Sos. (Tj)