PENGUMUMAN

Sukoharjo (07/07/20) Kesadaran masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan terutama saat berada diluar rumah masih harus ditingkatkan kedisplonannya ditengah pandemi virus covid-19 ini.

Tingkat kesadaran masyarakat terutama di desa-desa masih rendah kemungkinan dikarenakan intensitas interaksi sosial di tengah kerumunan orang banyak lebih sedikit ketimbang masyarakat perkotaan. Namun demikian ada saat-saat tertentu masyarakat desa juga beresiko menimbulkan kerumunan pada saat tertentu, hal ini tentu menjadi kerawanan jika kesadaran akan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid 19 tidak mereka laksanakan karena kurangnya pengetahuan.

Hal ini menjadi tugas para Babinsa di wilayah untuk terus berkomukasi dan mengedukasi masyarakat betapa pentingnya mematuhi protokol kesehatan terutama saat berada diluar rumah. Demikian halnya apa yang dilakukan oleh Sertu Imam Babinsa Wilayah desa Kayuapak, Kec. Polokarto, Sukoharjo ini. Tidak bosan pada setiap kesempatan dia selalu menyambangi warga yang tengah berkerumun untuk menyampaikan edukasi secara persuasif dengan teknik komunikasi tanpa menyinggung para warga agar melaksanakan pola hidup baru untuk mencegah penularan covid 19. Diantaranya dengan membiasakan diri mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak saat di kerumunan.

“Masyarakat sudah mengalami kejenuhan dengan pembatasan kegiatan, sehingga tampak diluar sana aktifitas masyarakat sudah berjalan layaknya keadaan normal meskipun penerapan New Normal belum secara resmi dikeluarkan oleh Pemda, ini menjadi kewaspadaan kita, kita harus lebih disiplin melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah ledakan penularan,” tukas Babinsa Kayuapak.

Selain menjaga keakraban, silaturahmi sekaligus melaksanakan Komsos, kegiatan bincang-bicang dengan warga tersebut lebih bermakna dan turut mencerdaskan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan di tengah KLB pandemi virus covid 19 yang entah kapan berakhir di wilayah Kabupaten Sukoharjo.