PENGUMUMAN

Sukoharjo (14/02/20) Bertempat di pendopo Sasono agung (Petilasan kraton Pajang) jln. Benowo 2 Dk. Sonojiwan Rt.04/22 Ds. Makam Haji Kec. Kartasura kab. Sukoharjo,dilaksanakan kegiatan Rakor lintas sektoral bidang kesehatan tingkat kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan Rakor lintas sektoral bidang kesehatan ini dihadiri 80 orang, diantaranya bapak Suyadi Widodo,S.Sos (Camat Kartasura), Kapten Inf Mardianto (Danramil/06 Kartasura), AKP Dani Permana Putra,SH.,SIK.,MH (Kapolsek Kartasura), Yanu Joko Asmoro (Kasie Trantib kec. Kartasura), drg Endang Astuti (Kepala UPTD Puskesmas Kartasura), Ibu Eni Ismayawati,S.Keb (PJUKM Puskesmas kartasura)bpk Agus Purwanto,SE (Kades Makam Haji), bpk Tri Wahyudi,SE (Lurah Ngadirejo), Para kepala UPTD se – Kartasura, Sertu Sri Suyatno (Babinsa Ds. Makam Haji) & Aiptu Bambang Supana,SH (Bhabinkamtibmas Ds. Makam haji)

Dalam kesempatan tersebut Camat Kartasura Suyadi Widodo,S.Sos menyampaikan bahwa dipilihnya lokasi di petilasan Kraton Pajangini adalah untuk memperkenalkan cagar budaya adiluhung di wilayah yang harus diuri-uri dan dilestarikan. “Saya suka tempat seperti in, sejuk dan suasana tidak formal sehingga Insyaallah akan nyaman dan menghasilkan keputusan yang sejuk pula,” kata Pal Camat.

Pak Camat juga berharap kegiatan lintas sektoral seperti ini semua bisa saling komunikasi dan koordinasi contoh UPTD pendidikan yang punya tanggung jawab besar terhadap para siswa/siswinya, berkaitan dengan masalah kesehatan. Karena penyakit belum tentu dari asal siswa/tersebut tinggal, tapi di sekolahan juga harus di perhatikan kebersihan toilet siswa, jajanan di lingkungan sekolah dan lain lain.

Sementara itu Paparan drg Endang Astuti (Kepala UPTD Puskesmas Kartasura) menyampaikan agar apa yang sudah dilaksanakan menjadikan periksa dan wajib ada evaluasi demi peningkatan pelayanan. Untuk saat ini UPTD Kecamatan fokus pada skala prioritas Adapun Skala prioritas yang segera harus ditangani, yaitu masalah Stunting (Kerawanan ibu hamil saat melahirkan), Demam berdarah, Penyakit saluran nafas/ISPA, Gizi buruk pada balita. Leptospirosis.

Ibu Endang juga mengingatkan kembali pentingnya peran Bidan desa di wilayah agar Kewajiban bidan Desa aktif melaksanakan kunjungan ke Ibu hamil di wilayah masing masing serta unjungan ke bayi yang baru lahir. Aktif melaksanakan Penyuluhan TB & PTM, Penanganan gizi buruk,Penyuluhan sampah & limbah rumah tangga serta rajin mensosialisasikan Info jenis pelayanan di Puskesmas.

Ditemui saaat acara selesai, Danramil 06 kartasura menyampaikan bahwa TNI senantiasa siap membantu program pemerintah di wilayah mengenai program-program kesehatan masyarakat, diantaranya melalui safari TNI Manunggal KB Kesehatan dll. “Program jambanisasi juga pernah kita galakkan di wilayah, merupakan upaya TNI melalui Satkowil (Koramil) dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat dan nyaman sekaligus mendukung Program ODF/Stop BABS yang dicanangkan pemerintah, beberapa bulan yang lalu,” Kata Danramil.

“Kerja sama semua pihak atau lintas sektor sangat diperlukan, sehingga program-program Pemerintah dalam bidang kesehatan dapat terwujud, karena muaranya untuk peningkatan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Danramil Kapten Inf Mardiyanto.