PENGUMUMAN

Sukoharjo (13/02/20) Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa, S.I.P, M.Tr(Han) pada hari Rabu (12/02) di undang oleh TA TV untuk melakukan Talkshow secara Live di Solotrus.com, TA Radio dan live Nyampursari di Studio TA TV.

Dalam 3 momen yang berbeda suasana dan setting tersebut intinya Dandim 0726/Sukoharjo menyampaikan bahwa Kodim 0726/Sukoharjo adalah satuan di bawah Korem 074/Warastratama dalam rangka melaksanakan tugas Tugas pokok Kodim 0726/ Sukoharjo yaitu melaksanakan fungsi Pembinaan Teritorial yaitu menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh, sehingga apabila kita menghadapi situasi peperangan kita siap semuanya. Tentu saja dalam menjalankan tugas kewilayahan Kodim 0726/Sukoharjo tidak lepas dari koordinasi dengan Pemerintah Daerah.

Dandim menginformasikan tentang situasi wilayah Sukoharjo pada umumnya saat ini aman dan kondusif sehingga Kab Sukoharjo bisa melaksanakan pembangunan dan meyejahterakan warganya untuk mendukung visi misi pemerintah pusat yaitu mewujudkan SDM Yang Unggul Menuju Imdonesia Emas.

Dandim juga menyampaikan penjelasan tentang pentingnya gotong royong pada era sekarang ini perlu kita lestarikan karena itu merupakan harta warisan budaya adiluhung nenek moyang bangsa kita. Kodim 0726/Sukoharjo sendiri secara spesifik turut mewujudkan budaya gotong royong tersebut di tengah masyarakat melalui Karya Bakti, Bakti Sosial dan program TMMD yg merupakan program dari TNI untuk membantu dan membangun desa yang tertinggal.

Sementara menanggapi isu tentang toleransi Kodim 0726/Sukoharjo menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yaitu memberikan materi Wawasan Kebangsan dan bela negara dimulai dari tingkat PAUD sampai Perguruan tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan seluruh tokoh agama yang berada di Kabupaten Sukoharjo untuk selalu menjaga toleransi antar umat beragama.

Dalam melaksanakan tugas-tugas tersebut Dandim 0726/Sukoharjo memberikan keterangan jumlah seluruh Babinsa yang berada di Kodim 0726/Sukoharjo yaitu sejumlah 184 babinsa untuk mengcover desa-desa di wilayah Kabupaten Sukoharjo yang terdiri dari 150 desa dan 17 kelurahan. Dalam melaksanakan tugasnya 1 orang Babinsa mengcover tugas dalam 1 wilayah desa sedangkan 1 wilayah Kelurahan di cover oleh 2 orang Babinsa.

Selanjutnya dijelaskan oleh Dandim nahwa OMP (Operasi Militer Perang) dan OMSP (Operasi Militer Selain Perang) adalah merupakan tugas pokok TNI sesuai UU No 34 Tahun 2004 pasal 7. Dimana OMP adalah operasi yang kita gunakan untuk menghadapi adanya agresi atau penyerangan dari pihak luar sedangkan OMSP sendiri ada 14 macam tugas antara lain menanggani pemberontakan,separatis dan terorisme, menjaga perbatasan wil NKRI, Mengamankan Presiden dan keluarganya, memberikan bantuan kepada Pemda, Perbantuan kepada Polri dalam hal Harkamtibmas dan membantu korban bencana alam.

Pada sigmen terakhir Dandim menyampaikan harapan/himbauan yaitu Hendaknya kita semua menjaga persatuan dan kesatuan serta mengembangkan budaya toleransi. “Kita harus sadar bahwa bangsa kita Ber Bhinneka Tunggal Ika, hendaknya kita semua menjadi bangsa yang utuh dan bersatu,” Jelas Dandim. ” Dalam waktu dekat khususnya di Kabupaten Sukoharjo tahun ini akan melaksanakan Pilkada serentak mari kita sama-sama menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Sukoharjo,” tegasnya.

Dan paling terakhir Dandim 0726/Sukoharjo berpesan kepada seluruh Prajurit Kodim 0726/Sukoharjo, sebagai TNI harus senantiasa dekat dengan rakyat, karena TNI berasal dari, oleh dan untuk rakyat, karena bersama rakyat TNI akan menjadi kuat.