PENGUMUMAN

Pada hari Kamis tanggal 23 Januari 2019 pukul 09.00 wib, desa Tegalmade Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo menerima bantuan dari Dinas Pertanian Sukoharjo berupa rumah “Gupon” burung Deres (Tyto Alba) sebanyak 28 unit.

Tito Alba atau burung Deres meruapakan jenis burung hantu yang secara alami merupakan predator dari hama tikus. Walaupun para petani sekarang sudah berkesadaran membuat gupon burung Deres secara Swadaya. Dispertan Sukoharjo menaruh perhatian khusus program membantu petani dalam rangka penurunan serangan hama tikus pengembangbiakan burung hantu tyto alba.

Pengembangan burung Tito Alba ini sejak tahun 2015 Kodim 0726/Sukoharjo bekerjasama dengan Dispertan Sukoharjo, dimana Sukoharjo merupakan awal dan jadi pelopor untuk pengembangan Tyto Alba bagi daerah lainnya. Babinsa yang sudah melekat dengan PPL dan petani akan terus mendorong kegiatan para petani demi terwujudnya ketahanan pangan di Sukoharjo, salah satunya melalui pengembangan Tyto Alba ini. Kita juga akan mendorong munculnya perda tentang larangan berburu satwa dan kelestarian Satwa khususnya Tyto Alba.

Serda Suyono Babinsa Tegalmade ditengah-tengah para petani saat membantu mendirikan rumah burung Deres yang disebar di hamparan areal persawahan desa Tegalmade menyampaikan, “Berbagai upaya serius Pemkab Sukoharjo dalam memerangi hama tikus tidak hanya terlihat dari pemberian bantuan rumah burung Tyto Alba, namun juga melalui hal-hal unik memberikan hadiah bagi petani melalui lomba berburu tikus di desa Banmati, Sukoharjo kemarin”.