PENGUMUMAN

SUKOHARJO– Penghargaan Abdibaktitani merupakan penghargaan dari Kementerian Pertanian yang diberikan pada Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) berprestasi di lingkup Kementerian Pertanian. Penghargaan Abdibaktitani diselenggarakan setiap 2 tahun. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo kembali meraih prestasi membanggakan di bidang pertanian. Adalah UPTD Rumah Potong dan Pusat Kesehatan Hewan Sukoharjo yang menorehkan prestasi nasional dengan meraih plakat Abdibaktitani 2019 sebagai UKPP Berprestasi Utama. Penyerahan Penghargaan Abdibaktitani Tahun 2019 dihelat pada hari jumat (29/11/2019). Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo secara simbolis menyerahkan langsung penghargaan piala kepada para pemenang, sementara penghargaan plakat diserahkan oleh Kepala Biro Organisasi Kementerian Pertanian kepada Kepala UPTD Rumah Potong dan Pusat Kesehatan Hewan Sukoharjo drh. Leni Sri Lestari.

Penerima penghargaan Abdibaktitani 2019 ada 3 kriteria antara lain UKPP Percontohan dengan skor penilaian diatas 90 mendapatkan piala, UKPP Utama dengan skor penilaian 80 – 90 mendapatkan plakat dan UKPP Madya dengan skor penilaian 70 – 80 mendapatkan piagam.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo Ir. Netty Harjianti mengapresiasi penghargaan Abdibaktitani yang diraih UPTD Rumah Potong dan Pusat Kesehatan Hewan Sukoharjo.

“Dukungan dan motivasi kepada unit kerja dinas yang memberikan pelayanan publik untuk menyelenggarakan pelayanan sesuai standar. Dukungan berupa pengalokasian anggaran untuk sarana prasarana, kelengkapan fasilitas pelayanan, perbaikan manajemen dengan ISO 9001, dan penambahan SDM dalam formasi CPNS 2019. Kami memiliki target agar seluruh lini pelayanan Dinas Pertanian dan Perikanan dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, melayani dengan cepat, tepat, akurat, murah, dan mudah. Untuk itu inovasi dan penggunaan teknologi sangat dibutuhkan, guna menjawab tantangan global dan tuntutan kualitas pelayanan masyarakat yang terus meningkat. Dengan penghargaan Abdibaktitani ini merupakan motivasi bagi kami untuk terus berbenah dan kami akan maju lagi untuk mendapatkan piala,” harapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Rumah Potong dan Pusat Kesehatan Hewan Sukoharjo drh. Leni Sri Lestari yang mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo dalam penerimaan penghargaan tersebut menjelaskan bahwa Pada tahun ini, UPTD Rumah Potong dan Pusat Kesehatan Hewan Sukoharjo mengikuti seleksi penghargaan Abdibaktitani 2019. UPTD Rumah Potong dan Pusat Kesehatan Hewan Sukoharjo telah dinilai dan diverifikasi memenuhi kritera sebagai unit pelayanan publik berprestasi dan memiliki skor Indeks kepuasan Masyarakat (IKM) 87,67.

Tahapan penilaian antara lain Pengiriman profil dan verifikasi dari Biro Organisasi Provinsi, Verifikasi dari Biro Organisasi Kemeterian Pertanian, Paparan di Jakarta.Dari penilaian tersebut UPTD Rumah Potong dan Pusat Kesehatan Hewan Sukoharjo meraih plakat Abdibaktitani 2019 sebagai UKPP Berprestasi Utama dengan skor penilaian 84,25.

Drh. Leni Sri Lestari mengungkapkan dalam kesempatan ramah tamah dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo dan sejumlah pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Pertanian,  di mata Mentan semua yang hadir sebagai penerima penghargaan adalah representasi UKPP berprestasi. Ia menceritakan, Mentan yang akrab disapa SYL itu juga mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. “Selamat kepada para penerima penghargaan, yang datang kesini berprestasi berarti sudah mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan sesuai aturan,”ujarnya menirukan statement Mentan SYL. Dijelaskannya, penghargaan Abdibaktitani merupakan ajang penilaian UKPP Berprestasi sekaligus untuk menilai kualitas pelayanan. Salah satu point penting dalam penilaian itu adalah inovasi yang diterapkan dalam mendukung pelayanan. Demikian informasi yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol. (Tj)