PENGUMUMAN

SUKOHARJO- Saat membuka Workshop tentang Tata Kelola Keuangan Desa pada hari Kamis  (14/11/2019), Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH, MH, MM berharap Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0 dapat lebih efektif dan mudah diakses untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Dalam workshop bertema Sistem Tata Kelola Keuangan Desa yang Partisipatif, Transparan, dan Akuntabel dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 yang bertempat di ruang cendana ballroom hotel Tosan Grogol itu, Bupati menjelaskan, Siskeudes 2.0 merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Melalui kegiatan ini, Bupati juga berharap agar pelaksana Siskeudes versi 2.0 dapat melaksanakan siklus pengelolaan keuangan desa secara akuntabel mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan.

Siskeudes merupakan aplikasi untuk membantu bagi pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa mulai dari tahap  perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban secara komputerisasi.

Peluncuran Siskeudes versi 2.0 ini bertujuan untuk lebih memudahkan desa dalam pembuatan peraturan enggaran pendapatan belanja desa (APBDes) dan perwujudan pengelolaan keuangan desa yang lebih transparan, akuntabel, tertib dan disiplin.

aplikasi SISKEUDES versi 2.0, ini disesuaikan dengan pengelolaaan keuangan desa yang terbaru yaitu Permendagri 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa. Workshop dilanjutkan dengan diskusi panel dengan kepala pusat pemantauan pelaksanaan UU Badan Keahlian DPR RI dengan judul hasil kajian pelaksana UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Kedua Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri dengan materi fasilitasi sistem informasi keuangan dan aset desa, ketiga Kepala Perwakilan BPK-RI Provinsi Jateng dengan judul kebijakan dan focus pemeriksaan keuangan daerah dan desa.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sukoharjo. (Tj)