PENGUMUMAN

Bupati  Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH., MH., MM melantik 11 kepala desa dari 7 Kecamatan yang berlangsung di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Senin (11/11)

Kesebelas Kepala Desa yang dilantik ini merupakan hasil Pemilihan Kepala Desa serentak yang digelar pada tanggal 31 Oktober 2019 lalu. Dari 150 total jumlah desa di Kabupaten Sukoharjo, diantaranya mengikuti pelaksanaan Pilkades serentak.

Bupati  berharap kepada semua Kepala Desa yang baru saja dilantik, bahwa diantara kewajiban sebagai Kepala Desa, antara lain adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, melaksanakan kehidupan demokrasi, menjalin hubungan kerja dengan seluruh mitra kerja pemerintahan Desa serta mentaati dan menegakkan seluruh peraturan perundang-undangan, sehingga seorang Kepala Desa harus dapat menjadi sosok seorang pemimpin dan bisa menjadi teladan bagi warga masyarakat. Dalam hal pengelolaan keuangan Desa, harus dilaksanakan secara trasparan, akuntabel, partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan disipiin 4 anggaran. Hal ini penting deketahui karena Desa pada saat ini mengelola anggaran yang cukup besar, sehingga perlu disikapi dengan penuh kehati-hatian dan penuh tanggung jawab.

” Kepada Isteri Kepala Desa yang baru saja dilantik, saya berharap agar dapat mendampingi, memberi motivasi kepada suami dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Kepala Desa, sehingga dapat berjalan sesuai norma dan ketentuan yang ada. Seorang Istri Kepala Desa juga harus mampu memahami tugas sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dalam hal pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga, serta berfungsi sebagai motivator dan penggerak masyarakat agar mau dan mampu melaksanakan program-program PKK,” harapnya.

Bupati juga berpesan bahwa untuk gaji Ketua RT dan Ketua RW saat ini diharapkan bisa mencapai batas minimal Rp300.000,00 dan bagi yang belum memenuhi standar minimal agar ditingkatkan menjadi minimal.

Adapun nama Kepala Desa terpilih antara lain Desa Jatingarang Kec. Weru Kades Terpilih Slamet Riyadi, Desa Karanganyar Kecamatan Weru Kades Terpilih Sugito,  Desa Lengking Kecamatan  Bulu Kades Terpilih Mulyanto, Desa Jagan Kecamatan Bendosari Kades Terpilih Mariyo, Desa Mertan Kecamatan Bendosari Kades Terpilih Parno , Desa Wonorejo Kec. Polokarto Kades Terpilih Yusuf Aziz Rahma S.Pd ,Desa Triyagan Kecamatan Mojolaban Kades Terpilih Pardioyant, Desa Gedongan Kecamatan Baki Kades Terpilih Lilik Hartanto, Desa Duwet Kecamatan Baki Kades Terpilih Suparno, Desa Purbayan Kecamatan Baki Kades Terpilih Budi Sriyanto dan Desa Jati Kecamatan Gatak Kades Terpilih Sutarjo.

Turut hadir Rohaniawan dan saksi, Wakil Bupati, segenap jajaran Forkopimda, Asisten Sekda, Kepala OPD, Camat, jajaran eksekutif Pemkab Sukoharjo ,Ketua dan Sekretaris BPD, Perangkat Desa dan Keluarga, pendukung dan simpatisan kepala desa terpilih.

Acara diakhiri jabat tangan Bupati kepada Kepala Desa terlantik. Demikian informasi yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sukoharjo. (Tj)