PENGUMUMAN

Sukoharjo (17/09/19) Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakoso, S.IP, M.Tr (Han) melaksanakan kegiatan Wasbang bertindak selaku Inspektur Upacara Bendera. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 16 September 2019 pukul 07.00 s.d 07.55 Wib bertempat di halaman MIN 2 Sukoharjo Jln. Brigjen Katamso No 88 Kel. Jetis, Sukoharjo.

Sekitar 250 orang mengikuti kegiatan ini terdiri atas para tenaga pendidik/ Para Ibu/Bapak Guru dan Siswa – siswi MIN 2 Sukoharjo. Bapak Wagimin, S.Ag (Waka Litbang Min 2 Sukoharjo mewakili Kepala Sekolah MIN 2 Sukoharjo).

Dalam Amanatnya Dandim 0726/Sukoharjo menyampaikan bahwa Upacara bendera ini adalah merupakan wujud kecintaan kita kepada negara kita yaitu Negara kesatuan Republik Indonesia. Upacara bendera merupakan salah satu cara menghargai jasa-jasa para pahlawan, para pejuang bangsa, para pahlawan pahlawan nasional kita yang telah berjuang dan mengorbankan jiwa raganya, serta harta bendanya untuk dapat meraih kemerdekaan Indonesia.

Dikatakan oleh Dandim bahwa kita wajib bersyukur dan berterimakasih untuk para pendiri bangsa kita. Dimulai dengan sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 1928, yang terdiri dari satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu kita tetap Indonesia. Kemudian selanjutnya di bawah para Pemuda dan Pemudi Indonesia bersatu untuk memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Negara ini didirikan dengan dasar Pancasila yang tadi sudah sama-sama kita baca ada 5 sila Pancasila. Kemudian dalam lambang negara kita yaitu Garuda Pancasila ada semboyan yaitu bhinneka tunggal ika yang berarti adalah berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Karena bangsa Indonesia itu berbeda dari bangsa-bangsa lain di dunia, walau berbeda beda tetapi kita tetap rukun dan damai.

“Saya minta kepada anak anakku sekalian untuk selalu melatih disiplin dengan cara mengikuti kegiatan upacara bendera dengan baik, acara itu sudah termasuk hal-hal yang mendisiplinkan kita. Hari ini datang ke sekolah tepat waktu dan tidak terlambat, kemudian berbaris menggunakan pakaian yang rapi, terus untuk bisa meraih cita-cita anak-anak semua”, pesan Dandim.

“Jadi nanti akan kita raih setinggi-tingginya cita-cita kita. Warga negara yang baik kita harus tetap cinta pada nagara kita yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Walaupun kita di luar negeri ataupun di negeri sendiri dan di mana saja tetapi rasa kecintaan kita kepada bangsa Indonesia harus ada”, papar Dandim.

Terakhir Dandim berpesan kepada bapak guru dan pembina minta agar anak-anak disiapkan dengan baik, karena pendidikan dasar adalah merupakan dasar dari apa yang akan mereka lakukan nanti kedepannya. Yang akan membentuk jiwa dan karakter anak-anak, nantinya akan menjadi apa ini adalah merupakan suatu hal yang sangat penting sebagai pijakan buat anak-anak dalam melangkah meraih cita-citanya.

Dandim juga mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru yang selama ini dengan tulus dan ikhlas sudah mendidik putra-putrinya, untuk bisa belajar dengan baik. Kepada para murid Dandim berpesan bahwa kewajiban kalian adalah belajar belajar dan belajar. Jadi jangan putus semangat untuk terus belajar, rajin belajar, apabila diberi tugas bapak ibu guru kerjakan dengan baik dan nanti anda dengan disiplin akan bisa meraih cita-cita setinggi-tingginya.

Setelah Upacara Bendera selesai dilanjutkan dengan foto bersama siswa – siswi dan para guru pendidik MIN 2 Sukoharjo dilanjutkan dengan ramah tamah untuk menjalin silahturahmi.