PENGUMUMAN

SUKOHARJO– Ratusan Kepala desa/lurah dan Camat  mengikuti sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)  Kabupaten Sukoharjo di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Rabu (20/2).

Wakil Bupati Sukoharjo H. Purwadi SE., MM dalam sambutannya mengatakan pemilu secara serentak dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 April 2019. Dikatakan serentak karena dalam Pemilu tahun 2019, untuk pertama kalinya dilaksanakan pemilihan secara bersamaan, antara pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD sekaligus juga memilih pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden.

“harapan kami, agar Saudara Camat beserta Kepala Desa dan Lurah senantiasa berperan aktif dalam penyelenggaraan pemilihan umum 2019 dengan cara mendorong warga untuk menggunakan hak pilihnya, mengawal pembentukan TPS dan KPPS beserta penyediaan petugas perlindungan masyarakat (linmas) ditingkat desa dan di TPS, mempersiapkan sarana dan fasilitas yang diperlukan oleh penyelenggara Pemilu dan menghindari bentuk bentuk kegiatan yang dilarang oleh ketentuan Undang-Undang serta mengidentifikasi potensi potensi kesulitan yang akan dihadapi dalam proses penyelenggaraan pemilu,” harap Wabup.

Ketua KPUD Kabupaten Sukoharjo Nuril Huda S.HI., MH dalam sambutannya mengatakan sosialisasi ini bagian dari konsolidasi dan silaturahmi masing masing penyelenggara pemilu maupun juga pemerintah di tingkat Kabupaten maupun ditingkat desa dalam rangka mensukseskan pemilu tahun 2019.

“satu hal lagi yang menjadi pertimbangan kita adalah kurun waktu sampai dengan bulan April masih masa musim penghujan, sehingga menjadi kesiapsiagaan dan pertimbangan kita dalam pengelolaan logistik khususnya penyimpanannya. Nanti tanggal 28 Februari secara serentak se- Indonesia PPS akan melaksanakan rekrutmen secara terbuka yaitu KPPS. Kami mohon bantuan Bapak-Ibu Kepala Desa/Lurah untuk bisa mendorong masyarakatnya berpartisipasi sebagai penyelenggara Pemilu dan lebih tergerak untuk menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Penyampaian materi  yang dimoderatori oleh Sekretaris KPUD menyajikan materi pertama dari KPUD Kabupaten Sukoharjo divisi sosialisasi dan SDM Suci Handayani, SE dengan judul sistem Pemilu serentak Tahun 2019 dan penyampaian materi kedua oleh Sekda Kabupaten Sukoharjo yang diwakili Kepala Kesbangpol Gunawan Wibisono S.Sos., M.Si.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda kabupaten Sukoharjo Drs. Joko Nurhadiyanto EN, M. Hum. (Tj)