PENGUMUMAN

SUKOHARJO – Pemerintah Kabupaten Sukoharjo selenggarakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2018 tingkat kabupaten di halaman Kantor Setda Pemkab Sukoharjo, Rabu (19/12).

Wakil Bupati H. Purwadi SE, MM menyampaikan sambutan tertulis dari Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya beliau menyampaikan Peringatan Hari Bela Negara tanggal 19 Desember 2018 untuk menghormati dan mengajak semua warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggungjawabnya.

“Bela Negara tidak hanya bisa dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam  upaya dan profesi. Bela Negara tidak hanya dilakukan aparatur negara saja, tetapi juga harus dilakukan secara bersama-sama oleh segenap elemen bangsa dan negara.” Ungkap Wabup H. Purwadi membacakan amanat dari Presiden RI Jokowi.

Jokowi, seperti amanat yang dibacakan Wabup Sukoharjo H. Purwadi, SE, MM kemudian menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah melakukan aksi bela negara. Bela Negara Merupakan wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat, termasuk dunia usaha, dunia pendidikan, media hingga tokoh pemuda dan tokoh agama, untuk memberikan sumbangsih kepada negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggungjawabnya.

“Sebagai negara besar dengan penduduk terbanyak keempat di dunia, negara maritim dengan ribuan pulau, dan bangsa yang bhinneka dalam suku, ras dan agama, kita bersyukur bahwa negara kita tetap rukun, damai dan bersatu. Sebagai negara muslim terbesar di dunia, bangsa Indonesia telah menunjukan keteladannya dalam menjalankan demokrasi dan mencapai banyak kemajuan yang membanggakan.” Ungkapnya

Menurutnya Interaksi antar bangsa dan antar budaya ini menuntut kita untuk membuka diri berdialog dengan bangsa lain, tetapi harus berpegang teguh pada kepentingan bangsa Indonesia. Saya yakin, setiap warga negara Indonesia bisa memberikan kontribusi dengan kemampuan yang dimilikinya.

“Generasi muda kita yang menebarkan berita-berita baik dan menggunakan media sosial untuk menyebarkan nilai-nilai Pancasila dan terus mempererat bhinneka Tunggal Ika, Merekalah yang telah ikut bela negara, yang mewujudkan kecintaan pada bangsa melebih tugas dan tanggungjawabnya.” Ungkap Wabup.

Baginya Kesadaran Bela Negara, yang berakar pada nilai-nilai luhur bangsa harus tertanam dalam jiwa dan raga segenap bangsa Indonesia sejak dini melalui pendidikan serta Aksi Nasional Bela Negara diberbagai bidang.

Acara ini dihadiri juga oleh jajaran Forkopimda serta ribuan peserta upacara. Setelah upacara, diadakan acara tambahan berupa penyerahan hadiah piala bergilir turnamen futsal piala Bupati Cup ke 3 Purnapaskibraka Indonesia Kabupaten Sukoharjo . Wabup  beserta Muspida tampak menyerahkan piala serta uang pembinaan kepada para peraih kejuaraan.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sukoharjo. (Tj)

Virus-free. www.avast.com