PENGUMUMAN

 

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM bersama Wakil Bupati, Drs H Agus Santosa menggelar inspeksi mendadak (sidak) pengoperasian mal di Solo Baru (Soba), Sabtu (28/8/2021). Bupati sidak terkait penerapan protokol kesehatan (prokes) di The Park Mal dan Hartono Mal.

Sidak tersebut juga diikuti pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Terlihat hadir Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Dandim Letkol Inf Agus Adhy Darmawan dan Plt Kajari, Agita Tri Moertjahjanto, Sekda Widodo serta sejumah kepala dinas.

“Kami ingin melihat secara langsung bagaimana prosedur dan juga penerapan protokol kesehatan (prokes) selama ujicoba pengoperasian mal,” jelas Bupati.

Menurut Bupati, dari pemantauan di dua mal tersebut prokesnya sudah berjalan dengan baik. Manajemen mal sendiri juga belum membuka semua pintu untuk memudahkan pemeriksaan prokes pengunjung. Mal juga menempatkan petugas di setiap pintu masuk untuk memeriksa prokes menggunakan aplikasi PeduliLindungi dari masing-masing pengunjung.

“Di setiap pintu masuk sudah ada barcode yang dipasang kemudian pengunjung melakukan scan barcode tersebut menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Kalau yang tidak bisa scan barcode bisa menunjukkan sertifikat vaksin,” lanjut Bupati.

Saat ini, ujar Bupati, belum semua masyarakat memiliki handphone yang bisa instal aplikasi PeduliLindungi. Untuk itu, masyarakat cukup menunjukkan sertifikat vaksin yang dimiliki saat hendak masuk mal. Bupati berharap dengan prokes dan prosedur yang ketat saat masuk mal dapat mencegah munculnya klaster penularan baru.

“Saya harap perekonomian masyarakat kembali berjalan meski perlahan-lahan. Untuk mal sendiri, sesuai aturan hanya diperbolehkan dengan kapasitas 50% dari total kapasitas mal,” tambah Bupati. (*)

Sumber Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan