PENGUMUMAN

SUKOHARJO – Bupati Kabupaten Sukoharjo, H. Wardoyo Wijaya SH, MH  melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) yang tergabung ke dalam kelompok terbang atau kloter 1 menuju  Asrama Haji Donohudan Boyolali, Sabtu (6/7/), di Pendopo Graha Satya Praja ( GSP) Pemda Sukoharjo.

Bupati berpesan "awali ibadah ini dengan niat yang tulus dan ikhlas semata-mata hanya beribadah kepada Allah SWT, jauhi hal-hal yang dapat mengurangi dan menghilangkan kemakbruran haji, laksanakanlah ibadah dengan tertib dan khusuk, dengan mentaati semua aturan dan jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi serta mengikuti petunjuk, arahan dan panduan yang telah diberikan oleh panitia penyelenggara ibadah haji setempat,” pesan Bupati.

Selanjutnya, Bupati mengharapkan agar para Jamaah Calon Haji dapat mendoakan Kabupaten Sukoharjo di Tanah Suci Mekkah sesampainya disana. "Kalau berdoa di tempat mustajab, tolong doakan Kabupaten Sukoharjo serta Semoga Jamaah Calon Haji dapat meraih predikat Haji Mabrur sepulangnya dari Tanah Suci, Mekkah.

“Dengan mengucap Bismillahhirohmannirohim pada hari ini Sabtu tanggal 6 juli 2009 jamaah calon haji kabupaten sukoharjo tahun 1440H/2019 M secara resmi saya nyatakan dapat diberangkatkan. semoga Allah subhanahu wa ta'ala selalu memberikan kekuatan dan bimbingan kepada kita semua," kata Bupati.

Dalam laporannya, Kepala Kemenag  Iksan Muhadi, S.Ag., M.Si mengatakan  bagi Para Jemaah Calon Haji ini, diberangkatkan dari semula terdapat 742 jamaah. Jamaah yang akan diberangkatkan tahun ini menjadi 737 jamaah yang akan diberangkatkan menjadi 4 kloter, "jelasnya.

Untuk kloter satu sejumlah 351 jamaah diberangkatkan Hari ini Sabtu tanggal 6 Juli 2019 masuk asrama 08.00 WIB dan akan diterbangkan ke tanah suci pada pukul 17.35 WIB terdiri dari Jamaah laki-laki 156 dan jamaah wanita 196 untuk kloter 1 ada jamaah yang tertunda yaitu atas nama Warti binti Yoso wiyono alamat Gembung RT 1 RW 3 Kel. Kamal,Kec. Bulu akan berangkat tertunda Pada kloter akhirnya faktor 96 dikarenakan sakit. yang kedua jamaah atas nama Sumarwoko bin Sumarto Rejo alamat Sidorejo RT 1 RW 6 Sanggrahan Kel. Grogol Sukoharjo terpaksa tidak bisa berangkat karena beliau telah dipanggil Allah atau wafat beberapa hari yang lalu kita doakan mudah-mudahan almarhum semoga menjadi termasuk golongan yang khusnul khotimah,"tuturnya.

Ditambahkannya, Kloter ke dua sejumlah 355 jamaah diberangkatkan hari sabtu masuk jam 13.00  dan akan diterbangkan ke tanah suci pada hari ahad 7 Juli 2019 pada pukul 14.40 WIB terdiri dari jamaah laki-laki 171 dan jamaah wanita 181 pada kloter ke dua juga terdapat 1 jamaah atas nama Sarjina Narso Sumarto alamat Dukuh Nganden RT 2 RW 8 Kel. Gentan Kec. Baki terpaksa tertunda untuk tahun berikutnya, karena sakit kemudian 3 sejumlah 20 jamaah diberangkatkan pada hari Sabtu tanggal 6 Juli tahun 2019 masuk asrama haji embarkasi SOC pukul 16.00 WIB dan akan diterbangkan ke tanah suci pada hari ahad tanggal 7 juli 2019 pukul 17.00 WIB terdiri dari 10 laki-laki dan jamaah wanita 9 serta TPHD 1 jumlah 20.

Kloter 96 sejumlah 11 calon jamaah diberangkatkan pada hari ahad tanggal 4 Agustus 2019 masuk asrama haji diembarkaai SOC pukul 06.00 WIB dan akan diterbangkan pada tanggal 5 Aguatus 2019 pukul 06.10 WIB terdiri dari jamah laki-laki 7 dan jamaah wanita.

Di lokasi keberangkatan Jamaah Calon Haji pagi hari ini, tampak begitu ramai. Titik lokasi dipadati oleh keluarga dan kerabat dari para Jamaah Calon Haji yang ikut menghantarkan keberangkatan. Tangis haru dari keluarga dan para kerabat juga turut mewarnai keberangkatan Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Sukoharjo tahun 2019.

Demikian informasi yang disampakan Kabag Humas dan Prorokol  Setda Kabupaten Sukoharjo Drs. Joko Nurhadiyanto EN, M.Hum. (TJ)