PENGUMUMAN

SUKOHARJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo melepas keberangkatan 739 calon jemaah haji pada Senin pagi (1/07). Acara pelepasan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Sukoharjo H. Purwadi, SE, MM beserta jajaran Forkopimda di Pendopo Graha Satya Praja (GSP). Pemkab Sukoharjo pada pemberangkatan haji tahun 2019 ini memberikan sejumlah fasilitas. Diantaranya seperti jaket, makanan, dan transportasi bus antar jemput.

Wakil Bupati Sukoharjo H. Purwadi SE, MM dalam sambutan saat melepas secara resmi pamitan jamaah haji tahun 1440 H/2019 M di pendapa GSP berharap, agar seluruh jamaah haji menjaga kekompakan dan kebersamaan. Apabila menemukan ada jamaah haji yang terlepas dari rombongan maka segera dibantu.

“Calon jamaah haji Sukoharjo kami minta untuk tetap menjaga kesehatan sebelum diberangkatkan serta kita berharap seluruh jamaah haji saling menjaga kekompakan dan kebersamaan. Apabila menemukan ada jamaah haji yang terlepas dari rombongan maka segera dibantu, termasuk pula untuk tim pendamping kami minta untuk bisa mendampingi semua jamaah haji mulai dari keberangkatan sampai kepulangan dengan lancar,” harap Wabup.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Widodo SH, MH dalam laporannya mengatakan, total calon jamaah haji yang akan diberangkatkan sebanyak 739 orang tergabung dalam empat kloter yakni Kloter 1, 2, 3 dan Sapu Jagad. Kondisi calon jamaah haji sekarang sehat dan siap diberangkatkan.

Kloter 1 berisi sebanyak 353 orang calon jamaah haji direncanakan berangkat Sabtu (6/7). Masuk asrama haji Donohudan, Boyolali pukul 08.00 WIB dan akan diterbangkan ke tanah suci Minggu (7/7) pukul 05.35 WIB. Rinciannya, 156 jamaah laki laki, 196 jamaah perempuan dan TPHD 1 orang.

Kloter 2 sebanyak 355 calon jamaah haji direncanakan berangkat Sabtu (6/7) dan masuk asrama haji pukul 13.00 WIB dan akan diterbangkan ke tanah suci pada Minggu (7/7) pukul 14.40 WIB. Rinciannya, jamaah laki laki 171 orang, jamaah perempuan 181 orang, TPHD 2 orang dan TKHD 1 orang.

Kloter 3 sebanyak 20 orang calon jamaah haji diberangkatkan pada Sabtu (06/07/2019) masuk asrama haji Pukul 16.00 WIB. Seluruh calon jamaah haji akan diberangkatkan ke tanah suci pada Minggu (07/07/2019) pukul 17.00 WIB. Rincinnya, jamaah laki laki 10 orang, jamaah perempuan 9 orang, TPHD 1 orang.

Kloter Sapu Jagad sebanyak 11 jamaah, rinciannya jamaah laki laki 7 orang dan jamaah perempuan 4 orang.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo H. Ihsan Muhadi, S.Ag mengatakan “Semua calon jamaah haji Sukoharjo secara resmi sudah melaksanakan pamitan ke Pemkab Sukoharjo. Selanjutnya juga akan mengikuti pemberangkatan yang juga akan dilepas secara resmi oleh Bupati Sukoharjo sesuai jadwal dan direncanakan kloter 1 dilepas Gubernur Jateng,” ungkapnya.

Bantuan dari Pemkab diserahkan Wakil Bupati didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sukoharjo Hj. Etik Suryani SE, MM berupa jaket dan lauk pauk secara simbolis diberikan kepada calon haji termuda Nafita Suci Arifiana usia 18 tahun dari Kecamatan Kartasura kloter 2 dan Calon Haji Tertua Marti Darmo Wirono dalam usia 88 tahun dari Kecamatan Bendosari.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sukoharjo Drs. Joko Nurhadiyanto EN, M.Hum. (Tj)