PENGUMUMAN

SUKOHARJO- Bertempat di SMK Negeri 5 Sukoharjo, di Kwartir Ranting Bulu,  Pesta Siaga Kwarcab Sukoharjo Tahun 2019 dibuka langsung oleh Bunda Hj.Etik Suryani SE, MM, turut hadir Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH, MH sebagai KaMabicab dan Wakil Bupati H. Purwadi SE, MM selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Sukoharjo, pada hari Sabtu (2/3). Dengan mengambil tema Mandiri, Santun dan Gembira, serta motto Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan.

Pelaksanaan Pesta Siaga 2019 selama satu hari ini, diikuti 120 peserta terdiri dari 12 Kwaran dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Sukoharjo terdiri dari 12 Barung Putra dan dan 12 Barung Putri. Pesta Siaga Kwarcab Sukoharjo akan memperebutkan piala tergiat 1,2,3 untuk barung putera maupun barung puteri dan tergiat 1,2,3 mewakili Kwarcab Sukoharjo ke pesta siaga Binwil Surakarta yang akan diselenggarakan di Kwarcab Karanganyar direncanakan pada hari Sabtu tanggal 23 Maret 2019 di SMP Negeri 3 Karanganyar.

Saat pembukaan yang dikemas dalam upacara, Hj. Etik Suryani SE, MM sebagai Pembina Upacara mengucapkan selamat berlomba kepada anak-anak peserta  yang terpilih mewakili sebagai peserta utusan dari Kwartir masing – masing sehingga berkesempatan untuk mengikuti ajang pesta Siaga di tingkat Kwartir Cabang.

” Sungguh Bunda sangat bahagia bisa hadir di tengah adik-adik semua peserta kegiatan Pesta Siaga ini. Sesuai dengan tema mandiri, santun dan gembira. Marilah kita jadikan Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal yang akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh. Sadarilah dipundak kaliyan tersimpan harapan untuk mewujudkan masa depan yang lebih  baik dan harapanya siaga harus berani untuk maju," ungkapnya.

Hj. Etik juga berpesan kepada anak-anak untuk ikut menjaga dan menyayangi lingkungan. “Ayo kita tanam pohon sebanyak-banyaknya di sekitar kita agar alam tidak rusak. Bunda juga berharap, agar senatiasa menjaga kerapian, kebersihan dan keindahan lingkungan selama pesta siaga, serta bisa memanfaatkan  sebagai sarana untuk menjalin persaudaraaan, menambah teman dan memperluas harapan," harap  Bunda Hj.Etik.

Terpisah, Dwi Yatmoko selaku Ketua Kwartir Bulu, mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Pesta Siaga ini sebagai arena untuk membentuk karakter anak dalam kemandirian dan hidup dalam pengabdian dan mengapresiasi Kwartir Bulu dijadikan ajang kegiatan Pesta Siaga tahun 2019," jelasnya.

Dalam laporan kegiatan yang dibacakan Sri Supriyati selaku Ketua Panitia menjelaskan kegiatan dibagi dalam enam kelompok kegiatan meliputi kegiatan umum, kegiatan keagamaan dan kepribadian, kegiatan ketangkasan dan ketrampilan, kegiatan seni budaya, kegiatan kepedulian pramuka siaga dan kegiatan kekinian. Adapun panitia diambil dari andalan dan pembina di Kwarcab Sukoharjo serta yuri dari perwakilan pembina siaga se Kwarcab Sukoharjo.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sukoharjo Drs. Joko Nurhadiyanto EN, M. Hum. (Tj)