PENGUMUMAN

Penghargaan Anugerah Kencana adalah penghargaan tertinggi dalam membangun Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH, MH, MM menerima penghargaan anugerah Kencana Bidang KKBPK karena dinilai mampu membangun bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Sukoharjo, bertempat di Hotel Grand Seraton, Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Baru, Jakarta , Senin, (24/12).

Dalam rangka meningkatkan dukungan dan komitmen agar keberhasilan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)  terus mengalami peningkatan maka Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN ) pada tahun 2018 yang lalu kembali memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pemangku kepentingan (pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota) yang berprestasi dalam pengelolaan program KKBPK.

Pergelaran Apresiasi Anugerah Kencana Bidang KKBPK ini dihadiri oleh menteri kesehatan Nila Djuwita F.Moeloek serta kepala daerah di Indonesia dan para undangan lainnya. Penghargaan Apresiasi Anugerah Kencana Bidang KKBPK diberikan kepada lima kepala daerah provinsi dan 29 kepala daerah kabupaten serta kota karena dianggap telah memberikan dukungan dan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan program KKBPK di wilayahnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB dan P3A) Sukoharjo Ir. Proboningsih Dwi Danarti menjelaskan “anugerah Kencana diberikan kepada Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH, MH, MM karena Bupati Sukoharjo mempunyai komitmen yang tinggi memberikan perhatian berupa honor kepada Petugas Pembantu KB Desa (PPKBD) se-Kabupaten Sukoharjo sejumlah 167 orang, masing masing mendapatkan Rp 200.000 setiap bulannya, lalu yang kedua adanya pengelolaan tenaga lini lapangan dengan menyediakan tempat untuk dijadikan Balai Penyuluh KB di masing-masing Kecamatan serta yang ketiga adanya pencanangan Kampung KB dan komitemen dengan Camat se Kabupaten Sukoharjo untuk membentuk Kampung KB di masing masing desa,” jelas Ir. Proboningsih Dwi Danarti .

Selain itu ditambahkan Ir. Proboningsih indikator diraihnya anugrah kencana bidang KKBPK, bahwa adanya Kampung KB unggulan di Sukoharjo menjadi Role Model Kampung KB di Jateng yaitu Kampung KB Duta Makmur Dukuh Kedung Batang Desa Ngasinan Bulu sebagai Juara 1 Tingkat Provinsi Jateng sekaligus sebagai CEO (center of excellent) tingkat Provinsi Jateng dan adanya kebijakan Bupati untuk peserta KB MOP dengan memberikan dana stimulant sebesar 2 juta untuk setiap akseptor KB MOP dan dengan adanya Perbup Kampung KB yang didalamnya tertuang peran serta OPD lintas sektor untuk berperan aktif di Kampung KB.

Prestasi yang telah dicapai dalam Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kabupaten Sukoharjo yang berhasil diraih  antara lain menerima penghargaan Manggala Karya Kencana bidang KKBPK, tanda kehormatan Satya Lencana Bidang KKBPK, Juara I Pelayanan KB Perusahaan Tingkat Nasional oleh PT. Sritex , Juara I Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi Jateng da Juara II Tingkat Provinsi Jawa Tengah lomba BKB Holistik Integratif.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sukoharjo Drs. Joko Nurhadiyanto EN M. Hum. (Tj)