PENGUMUMAN

Sukoharjo  – Bertempat di Lapangan desa Wirun Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo telah dilaksanakan Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2018 dengan tema ” Manunggal Membangun Karakter Generasi Melenial”. Selasa (10/07).

Perwira Pelaksana TMMD Letnan Satu Inf Mardianto dalam laporannya menyampaikan, waktu pelaksanaan TMMD dimulai tanggal 10 Juli sampai dengan 8 Agustus 2018 yang telah didahului dengan Pra TMMD mulai tanggal 2 sampai dengan 9 Juli 2018.

 manfaat program TMMD adalah memperlancar arus lalu lintas perekonomian, meningkatkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta kamtibmas. Juga, meningkatkan kebersihan lingkungan, serra meningkatkan dan melestarikan budaya gotong royong dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

TMMD sendiri bertujuan untuk membantu pembangunan di tingkat desa. Salah satu program fisik yang jadi prioritas dalam TMMD kali ini adalah membangun talud jalan penghubung Dukuh Pabrik dengan Desa Wirun, Panjang 1.151 M x Tinggi 70 Cm X Lebar ats 30 Cm x Lebar Bawah 60 Cm, pemugaran masjid 2 unit, pemugaran pos kamling 2 unit, pembuatan MCK 3 unit dan pembuatan jamban keluarga 3 unit serta sasaran non fisik melaksanakan penyuluhan dan pelayanan dibidang bela Negara, hukum , Kamtibmas, industi kecil dan pelayanan KB dan kesehatan.

Lebih lanjut Letnan Satu Inf Mardianto juga mengatakan, sumber dana TMMD sendiri berasal dari APBD provinsi dan APBD Sukoharjo dengan total Rp417,2 juta. Untuk APBD provinsi sebesar Rp167,2 juta, dan APBD Sukoharjo Rp250 juta. “Selain itu juga swadaya masyarakat berupa tenaga senilai Rp 30 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukoharjo H. Purwadi SE,MM selaku Inspektur Upacara Pembukaan TMMD mengatakan, program TMMD sendiri sangat positif untuk mengurangi angka kemiskinan di Jawa Tengah yang masih diatas 12%. Itulah salah satu PR yang harus dikeroyok dan diselesaikan bersama-sama. TMMD sebagai program lintas sektoral yang melibatkan TNI dan juga Pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat merupakan salah satu langkah nyata guna mengatasi berbagai masalah yang dihadapi.

Adapun yang hadir pada Upacara tersebut antara lain Forkopimda, Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Sukoharjo , Kepala Desa se Kecamatan Mojolaban serta para peserta upacara yang terdiri dari yonif mekanis 413 Kostrad, Group 2 Kopassus, Kodim 0726/ Sukoharjo, Brigif Mekanis 6/2 kostrad, Sabara, Brimob, Satpol PP, Linmas, Senkom LDII, MTA, Banser, Kokam, SMA N 1 Mojolaban, Pramuka SMP Mojolaban serta Ormas pencak silat SH Terate dan Kera Sakti.

Setelah upacara pembukaan selesai, dilanjutkan pemberian bantuan, penanaman pohon dan peninjauan lokasi TMMD oleh rombongan.