PENGUMUMAN

SUKOHARJO-Bertempat di PendopoKPU Kabupaten Sukoharjo dilaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018. Kegiatan ini dihadiri semua Komisioner KPU Kota Sukoharjo, disaksikan oleh Saksi kedua Pasangan Calon Gubernur Jateng, serta diawasi oleh Bawaslu Kota Sukoharjo.

Dalam rapat rekapitulasi hasil penghitungan suara, dilakukan penjumlahan data dari seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Sukoharjo dalam formulir Model DA1- KWK, serta dituangkan dalam formulir Model DB1- KWK.

Berdasarkan hasil akhir pleno, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin keluar sebagai pemenang. Pasangan nomor urut satu tersebut meraih suara sebanyak 270.243. Sedangkan perolehan suara untuk pasangan nomor urut dua, Sudirman- Ida sebanyak 196.535 suara. Untuk jumlah suara sah sebanyak 446.778, suara tidak sah sebanyak 16.623. Sedang total suara sah dan tidak sah sebanyak 483.401.

“Setelah pleno ini selesai, hasilnya akan kami kirim ke KPU Provinsi yang menurut rencana menggelar pleno pada 9 Juli nanti,” tambah Kuswanto Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 dijaga aparat keamanan sebanyak 65 personel dibantu 1 peleton dari Kodim 0726 dan 1 peleton dari Satpol PP Sukoharjo. Selain itu, diterjunkan pula Polsek serta sejumlah kendaraan patroli yang disiagakan di lokasi. Dari pantauan di lokasi, ketika KPU mulai membacakan hasil penghitungan sempat terjadi protes namun akhirnya dapat diselesaikan dan dapat berjalan dengan lancar dan aman.