PENGUMUMAN

Bupati Sukoharjo, H. Wardoyo Wijaya, SH, MH, menghadiri apel pergeseran pasukan Operasi Mantap Praja dalam rangka pengamanan Pilgub Jateng, Selasa (26/6). Apel yang dilaksanakan oleh Polres Sukoharjo tersebut digelar di halaman Kantor Setda Pemkab Sukoharjo dan yang bertindak sebagai Pembina Apel adalah Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi.

“Apel ini menandai pergeseran pasukan ke pos-pos yang akan diamankan, yakni 1.353 TPS yang ada. Total yang diterjunkan sebanyak 452 personil polisi,” ungkap Kapolres usai apel.

Kapolres menambakkan, setiap dua anggota polisi akan mengamankan delapan TPS. Selain itu, polisi juga dibantu oleh anggota Linmas dimana tiap TPS dijaga dua Linmas. Selain itu, Polres juga dibantu oleh anggota TNI dan juga Organisasi Masyarakat (Ormas) yang akan melakukan pengamanan swakarsa.

“Yang jelas, Polres akan mengamankan Pilgub nanti agar tidak ada gangguan apapun,” jelasnya.

Mengenai kemungkinan munculnya politik uang yang sering disebut “serangan fajar”, Kapolres menegaskan sudah melakukan deteksi dini melalui petugas Babinkamtibmas di tiap desa/kelurahan. Setiap informasi yang muncul akan diteruskan ke Polres dan dilakukan antisipasi.

Kapolres mengakui menjelang pelaksaan pemilihan memang menjadi waktu yang krusial. Karena itu, Polres menyiapkan langkah-langkah antisipasi berupa penghimpunan informasi di seluruh wilayah. Sehingga, ketika ada kejadian, Polres langsung bisa melakukan antisipasi.

Apel kali ini dihadiri oleh Forkopimda Sukoharjo, Kepala OPD se Kabupaten Sukoharjo, Polri, TNI Ormas, Tokoh Masyarakat, KPU, Panwas Sukoharjo,