PENGUMUMAN

Kampung KB “Duta Makmur” Dukuh Kedung Batang Desa Ngasinan Kecamatan Bulu mewakili Kabupaten Sukoharjo dalam evaluasi dan penilaian Kampung KB Provinsi Jawa Tengah tahun 2018 bersaing dengan 5 peserta lainnya (Kampung KB Tunggulsari – Rembang, Kampung KB Wijaya Kusuma – Banyumas, Kampung KB Gadis – Cilacap, Kampung KB Babadan – Magelang dan Kampung KB Kokola – Semarang). Peninjauan lapangan sebagai evaluasi dan penilaian di Ngasinan Bulu Kabupaten Sukoharjo berlangsung Senin, 7 Mei 2018. Tim penilai perwakilan dari  Biro Kesra Setda Prov Jateng, BKKBN Prov Jateng, DP3A Dalduk KB Prov Jateng yang dipimpin oleh Ketua Tim Penilai Ibu Rohmi Rahim, SH, MH.

Dilokasi, tim penilai diterima oleh Asisten Administrasi Umum Sekda, Eko Adji Arianto, SH, MM didampingi Kepala DPPKB&P3A Kabupaten Sukoharjo Ir. Proboningsih Dwi Danarti, Camat Bulu Sunarjo Hadi Purnomo, S.Sos, MM, Ketua Pokja Kampung KB Duta Makmur Harno, SP.d, Muspika Bulu, Pejabat dari Dinas terkait, dan tokoh masyarakat sekitar.

Kampung KB yang dulunya orang berfikiran hanya berkaitan dengan alat kontrasepsi dan penggunaan alat kontrasepsi, dengan adanya pencanangan kampung KB ini menunjukkan bahwa didalam kampung KB itu terdapat sinergitas dalam segala bidang, baik itu kesehatan, kependudukan, ketahanan pangan, pertanian, perindustrian, keamanan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Yang intinya segala aktivitas dan dinamika yang ada di Kampung KB adalah untuk menuju keluarga sejahtera. Sehingga dalam evaluasi dan penilaian kampung KB, yang dalam hal ini melalui peninjauan lokasi, yang menjadi point utama adalah sinkron atau tidaknya profil yang ditampilkan (yang menjadi dasar seleksi) dengan keadaan sesungguhnya di lapangan. Dan seberapa tinggi keterpaduan program di lintas sektoral / antar instansi sesuai tugas dan fungsinya serta antusias pelakunya (warga masyarakat dan pemerintah).

Seusai peninjauan lokasi, Kepala DPPKB&P3A Kabupaten Sukoharjo mengungkapkan rasa optimisnya melihat hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim penilai. “Melihat tadi Tim Penilai merasa puas, karena kecocokan antara profil dan keadaan di lapangan, saya optimis dan berharap kita bisa menang. Memang ada sedikit kekurangan, yaitu di rumah data, tapi ini memang sektor baru dalam kampung KB. Kami juga siap mengembangkan lagi potensi yang ada” ungkap Ibu Probo.

Tidak hanya masyarakat dukuh Kedung Batang saja, semua warga Sukoharjo juga berharap Kampung KB Duta Makmur bisa memenangkan kompetisi 6 besar ini, dan menambah deretan prestasi yang telah ada. (Yk)