PENGUMUMAN

SUKOHARJO-Saat dikonfirmasi, Ir. Netty Harjianti, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo menjelaskan, selain lomba masak ikan menu keluarga, secara bersamaan pihaknya juga menggelar bazaar produk olahan ikan yang diikuti 24 peserta dari TP-PKK desa/kalurahan binaan se- Kabupaten Sukoharjo.. Hal itu sebagai upaya dari pemerintah untuk memperkenalkan keanekaragan masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat. Selain itu, dapat meningkatkan ketrampilan memasak dan sekaligus menyebarluaskan informasi tentang olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak.  Dalam pelaksanaan perlombaan itu, Dinas Pertanian dan Perikanan menggandeng tim penggerak PKK Kabupaten Sukoharjo,” jelasnya.
Bertempat di Pendopo Dinas Pertanian dan Perikanan Ketua TP.PKK sekaligus Ketua Forikan ( Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional)Kabupaten Sukoharjo bunda Etik Suryani, SE membuka langsung acara lomba masak ikan menu keluarga serta bazaar produk perikanan tingkat Kabupaten Sukoharjo tahun 2018, Jumat (13/4).
Menurut Hj Etik Suryani, SE lomba ini merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap program nasional, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Melalui perlombaan itu, secara tidak langsung para ibu-ibu PKK akan menerapkan mengkonsumsi makanan dengan menu olahan ikan dan non beras meski hanya dalam satu hari. Kedepannya diharapkan, mereka mampu mengajak warga disekitarnya untuk mengkosumsi makan ikan, ” jelas bunda Etik.
Melalui perlombaan itu pula, Hj. Etik Suryani Wardoyo Wijaya berharap ibu-ibu PKK mampu memunculkan variasi menu makanan baru sehingga dapat lebih meningkatkan konsumsi ikan dan mengolah menjadi kreatif. Apalagi budidaya ikan lokal dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang minim sudah mulai diterapkan oleh PKK. Selain itu di lahan pertanian Kabupaten Sukoharjo tidak hanya untuk ditanami padi saja, namun juga beraneka ragam bahan pokok lain seperti jagung, ketela pohon, dan lainnya.
Lebih lanjut bunda Etik menambahkan, dengan meningkatnya konsumsi ikan, berarti akan mendorong peningkatan produksi dan pemasaran, yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat yang sudah membudidayakan ikan dilahannya.
Adapun pemenang lomba diraih desa Gumpang Kecamatan Kartasura yang akan mewakili Kabupaten Sukoharjo maju tingkat Provinsi Jateng, disusul juara ke 2 desa Manisharjo Kecamatan Bendosari, Juara ke 3 diraih desa Plumbon Kecamatan Mojolaban. Juara harapan 1 diraih desa Bulu Kecamatan Bulu, juara harapan 2 desa Jagan Kecamatan Bendosari dan juara 3 diraih desa Manisrenggo Kecamatan Grogol yang masing masing mendapat uang pembinaan dan sertifikat.