PENGUMUMAN

Bupati Sukoharjo H.Wardoyo Wijaya, SH, MH berkesempatan membuka Focus Group Discussion (FGD) Kegiatan Sinkronisasi Infrastruktur jaringan dan integrasi data SKPD Provinsi Jawa Tengah dan Diskominfo Kabupaten / Kota Se Jawa Tengah di Best Western Solo Baru Sukoharjo (10/4). Kegiatan diikuti  sejumlah 160 peserta dari utusan SKPD Pemerintah Provinsi dan Diskominfo Kabupaten/Kota Se Jawa Tengah. Bupati Sukoharjo sekaligus menjadi Keynote Speaker dengan tema ” Kebijakan TIK di Kabupaten Sukoharjo “.

Bupati Sukoharjo menyampaikan bahwa Kabupaten Sukoharjo sudah berusaha untuk terus memanfaatkan  Teknologi informasi bagi terciptanya layanan publik yang lebih baik. Sukoharjo juga berupaya mengembangkan Smartcity yang berbasis smart village, karena Sukoharjo merupakan wilayah yang didominasi oleh pedesaan. Sejak tahun 2014, seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Sukoharjo yang terdiri dari 150 desa dan 17 Kelurahan telah terkoneksi dengan  intranet maupun internet. Terkoneksinya desa-desa tersebut kami manfaatkan untuk pelayanan administrasi desa dengan membuat aplikasi SKUTER ( Surat Keterangan Umum ), SKAK ( Surat  Keterangan Kematian ) maupun SKALA ( Surat Keterangan Lahir ) yang sudah terintegrasi dengan database, Kabupaten Sukoharjo juga berupaya memanfaatkan dan mengembangkan untuk system Informasi Desa, Portal Desa untuk pengadaan barang dan jasa maupun Siskeudes ( Sistem Keuangan Desa ). Sukoharjo telah memiliki 45 aplikasi berbasis web, 12 aplikasi  berbasis android. Mensikapi  perkembangan Teknologi Informasi yang bergerak kearah mobile atau berbasis smartphone  Kabupaten Sukoharjo berupaya mengembangkan aplikasi berbasis mobile, terutama yang berkaitan dengan informasi public maupun pelayanan dasar. Diakhir paparan Bupati berpesan agar berbagi aplikasi antar Dinas Komunikasi dan informatika Se Jawa Tengah, jangan tergantung kepada pengembang, meningkatkan sumber daya manusia khususnya bidang Teknologi dan informasi, lebih membangun aplikasi secara inovatif sesuai kebutuhan masyarakat.

Di tambahkan Ketua Panitia kegiatan Kabid TIK Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Setyo Irawan,ATD,MM menyampaikan  bahwa tujuan dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) adalah berkordinasi mensinergikan TIK dan tata kelola yang baik, menyusun tata TIK secara terpadu, membahas kesiapan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi dalam mendukung jaringan TIK sebagai dasar untuk menopang seluruh jaringan informasi di Pemerintah. Kegiatan Sinkronisasi infrastruktur jaringan dan integrasi data SKPD Provinsi Jawa Tengah dan Diskominfo Kabupaten / Kota dilaksanakan selama 2 hari (10-11/4/2018). Materi pembahasan terdiri dari beberapa tema yaitu 1) Arah kebijakan dan Implementasi tata kelola data center berdasarkan sertifikasi ISO 27001 oleh Dinas Kominfo Provinsi DIY,2) Arah Kebijakan dan Informasi TIK dalam mendukung program prioritas Pemerintah kota Pekalongan, 3) Fokus prioritas kegiatan Dinas Kominfo berdasarkan RKPD TA.2019 oleh Bappeda Provinsi Jawa Tengah.