PENGUMUMAN

Sub-Sub Recipient (SSR) Community TB-HIV Care Kabupaten Sukoharjo melakukan audiensi dengan Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH.,MH bersama Kepala Dinas Kesehatan, Pimpinan Daerah Aisyiyah Sukoharjo, Direktur RSUD dan SSR Community TB HIV Care ‘Aisyiyah Sukoharjo bertempat di Ruang Rapat Bupati , Kamis, 8 Februari 2018.

Pertemuan kali ini dalam rangka percepatan penanggulangan TB di kabupaten Sukoharjo. Dinas Kesehatan mendukung dan memberikan support kepada PD’Aisyiyah, SSR TB HIV Care ‘Aisyiyah Sukoharjo dan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang timbul terkait program penanggulangan TB dan HIV di Kabupaten Sukoharjo.

Bupati sangat mendukung pelaksanaan program penanggulanagan TB dan HIV berbasis masyarakat yang akan dilaksanakan dan berharap melibatkan kader atau relawan Aisyiyah dalam programnya.

Dalam keterangan persnya Koordinator Community TB-HIV Care Aisyiyah Akmal Mukhibbin mengatakan, selama satu tahun pelaksanaan program penanggulangan TB berbasis masyarakat di Kabupaten Sukoharjo dana dari The Global Fund, kurun waktu bulan Januari sampai Desember 2017 ditemukan 1261 terduga TB dan 100 pasien TB Positif,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukoharjo Nassrudin mengatakan, Dinkes akan mengadakan penyusunan RAD (rencana aksi daerah) penangulangan TB dan juga kan bekerjasama dengan biro hukum akan mengajukan Perbup tentang penangulangan TB (Tuberkulosis). Ditambahkanya Dinkes Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2018 akan mengadakan PIS PK ( Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga), dimana dalam program ini ada beberapa indikator salah satunya tentang skrining TB

“nanti petugas puskesmas akan diterjunkan mendatangi dan mendata serta menskrining semua warga semua warga yang ada diwilayah Sukoharjo, kami targetkan selesai dalam dua tahun atau dimulai di tahun 2018 dan berakhir di tahun 2019,”tambahnya.